“Tidak ada suatu amalan yang lebih utama daripada menimba ilmu jika disertai dengan niat yang lurus.” (Tajrid al-Ittiba’ fi Bayan Asbab Tafadhul al-A’mal, hal. 26)
Jumat, 10 Oktober 2014

17.01
(Judul dari kami)

oleh Asy-Syaikh Al Muhaddits Al Mujahid Al Imam Jarh wa Ta'dil Rabi bin Hadi Al Madkhali hafidzahullah

Pertanyaan :

Apakah termasuk dari Manhaj Salaf, mengumpulkan kesalahan-kesalahan seseorang dan menuangkannya dalam bentuk tulisan (atau website/situs internet) yang dengannya orang-orang akan membacanya ??

Jawaban Syaikh :

Subhanallah, ini adalah perkataan pelaku kesesatan (ahlu dholal) untuk melindungi bid'ahnya, untuk melindungi kitab-kitabnya, untuk melindungi manhajnya, dan untuk melindungi orang-orang yang mereka muliakan.

Na'am, Allah dan Rasul-Nya banyak menyebutkan kesesatan-kesesatan mereka, mengumpulkan perkataan orang-orang Yahudi dan Nashara dan membantah mereka, (ini ada) dalam banyak ayat-ayat didalam Al-Qur'an.

dan Ahlus Sunnah Wal Jama'ah dalam sejarahnya dari dulu sampai sekarang mereka senantiasa membicarakan Jahm bin Shofwan, Bisyr Al Mirrisiy/Al Marisi dan menyebutkan bid'ah-bid'ah mereka dan kesesatan-kesesatan mereka. Dan mengumpulkan perkataan-perkataan para pelaku perpecahan/kelompok-kelompok (Ahlul Firoq) dan membantah mereka.

Maka siapa yang mengharamkan dari hal ini ??
(bahkan) ini termasuk dari kewajiban !!

Apabila orang-orang akan tersesat akibat dari bid'ah-bid'ahnya (orang/kelompok) ini yang banyak, dan engkau MENGUMPULKAN KESALAHAN-KESALAHANNYA dalam SATU TEMPAT/WADAH (Buku, Situs Internet, dll-pen) dan engkau men-TAHDZIR-nya dengan MENYEBUTKAN NAMANYA.

MAKA semoga Allah membalasmu kebaikan.
Engkau telah melakukan KEBAIKAN yang BESAR untuk ISLAM dan Kaum Muslimin.

Sumber :
[الأجوبة على أسئلة أبي رواحة المنهجية]


Teks Arabnya :

هل من منهج السّلف جمع أخطاء شخص ما، وإبرازها في مؤلّف يقرؤه النّاس؟

الجواب

سبحان الله، هذه يقولها أهل الضلال لحماية بدعهم، وحماية كتبهم، وحماية مناهجهم، وحماية مقدَّسيهم من الأشخاص.

نعم، الله ورسوله -صلّى الله عليه وسلّم- ذكرا كثيراً من ضلالاتهم، جمع كلام اليهود والنّصارى وانتقدهم في كثير من الآيات القرآنية.

وأهل السنة والجماعة من فجر تاريخنا إلى يومنا هذا تكلّموا على الجهم بن صفوان وبشر المرّيسي وأحصَوا بدعهم وضلالاتهم، وجمعوا أقوال أهل الفرق ونقدوها فمن حرّم هذا؟ هذا من الواجبات.

إذا كان النّاس سيضِلّون ببدعه الكثيرة وجمعتها في مكان واحد وحذّرت منها باسمه، فجزاك الله خيراً، أنت بذلك أسديت خيراً كبيراً للإسلام والمسلمين.

[الأجوبة على أسئلة أبي رواحة المنهجية]

هل من منهج السّلف جمع أخطاء شخص ما، وإبرازها في مؤلّف يقرؤه النّاس؟ - http://rabee.net/ar/questions.php?cat=26&id=603

أخوكم،..
أبو بلال المكسري

WA SAS أي Salafy Makassar
WA Ittiba'us Sunnah

Disalin dari Whatsapp Tim Medis Salafy, Kamis 9 Oktober 2014, 06.52AM

0 komentar:

Posting Komentar